Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Insan Citra Prima Sejahtera Industri Pengolahan Terinasi di Kota Tuban
Abstract
Skripsi ini berlatar belakang industri pengolahan udang beku. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Insan Citra Prima Sejahtera. Berdasarkan penelitian dan pengamatan, penulis maka masalah yang dirumuskan adalah berada diposisi bisnis mana perusahaan dilihat dari faktor eksternal (peluang-ancaman) dan faktor internal (kekuatan-kelemahan) serta bagaimana strategi pernasaran perusahaan dimasa datang.
Variabel internal dalam metode penelitian adalah pangsa pasar, variasi produk. citra produk, kualitas produk, harga produk, cara pembayaran, saluran distribusi, pengiriman barang, promosi, efisiensi produksi, teknologi yang dipakai, lokasi perusahaan, pcndidikan SDM, keterampilan SDM, ketersediaan SDA terinasi, dan struktur modal. Variabel ekstemal metode penelitian adalah daya beli konsumen, regulasi pemerintah, perubahan teknologi, pertumbuhan pasar, bahan pendukung produksi, sarana transportasi, dan persaingan. Sumber data dan metode pengumpulan data, dengan cara wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada responden : Factory Manager, Operation Manager, Human Resource and Administration, Quality Control, Production Manager, Procurement Manager.
Analisa data dilakukan dengan cara identifikasi variabel internal dan eksternal, kemudian membuat penilaian kinerja dan penilaian bobot pengaruh variabel internal dan eksterna, setelah itu dilakukan analisa SWOT dengan memakai matriks IFAS dan EFAS yang kemudian dilanjutkan dengan membuat Grand Strategy SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan posisi bisnis perusahaan PT. Insan Citra Prima Sejahtera terletak pada kuadran I. Strategi yang sebaiknya diterapkan adalah strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Collections
- Management [4536]