Analisis Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Bayi (Studi pada Konsumen Produk Bayi Johnson's & Johnson's. Zwitsal, Pigeon, dan Cussons di DIY )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut pembangun kesadaran merek : berbeda-dikenang (be different-memorable), penampakan symbol (symbol exposure), clan publisitas-sponsor kegiatan (publicity-event sponsorship) terlradap keputusan pembelian produk bayi untuk memilih merek yang menjadi favoritnya.
Subyek penelitian ini berjwnlah l 00 orang yang tinggal di Daerah lstimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada ibu-ibu yang mempunyai anak balita. Teknik penyebaran dengan non-probability dan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan kesadaran merek: berbeda-dikenang (be differentmemorable ), penampakan symbol (symbol exposure), dan publisitas-sponsor kegiatan (publicity-event sponsorship) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji parsial menunjukkan bahwa masing-masing atribut, berbeda-dikenang (be different-memorable) berpengaruh positif dan signifikan (a=1%) terhadap keputusan pembelian, penampakan symbol (symbol exposure) berpengaruh positif dan signifikan ( a= 1 % ) terhadap keputusan pembelian, dan publisitas-sponsor kegiatan (publicity-event sponsorship) berpengaruh positif dan signifikan ( aaa5%) terhadap keputusan pembelian.
Collections
- Management [4527]