Analisis Sikap Konsumen terhadap Pembelian Sepeda Motor Secara Cash dan Credit
Abstract
Penelitian ini bertujuan unmk mengetahui : 1. sikap konsumen terhadap bentuk pembelian sepeda motor secara tunai (cash) dan angsuran (credit), 2, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap pembelian sepeda motor secara tunai dan angsuran, dan 3. faktor yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen terhadap bentuk pembelian sepeda motor secara tunai dan angsuran.
Penelitian menggunakan metode dasar descriptive analisys clan merupakan penelitian sampel. Populasi penelitian adalah masyarakat umum yang ada di wilayah Kotarnadya Yogyakarta. Penentuan sample menggunakan metode accidental atau convinience sampling dengan jumlah sample sebanyak 90 sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah : Analisis Indeks Sikap dan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil analisis menunjukan bahwa konsumen memberikan sikap positif atau lebih menyukai bentuk pembelian sepeda motor secara tunai. Hal ini terlihat dari nilai indeks sikap pada pembelian tunai (3,79) lebih besar dari pada pembelian angsuran (3,51). Serta distribusi konsumen dimana 57,78 % menyukai pembelian tunai, 35,56 % menyukai pembelian angsuran, dan 6,66 % bersikap netral. Faktor pendapatan, pekerjaan, keluarga,dan kepribadian secara bersamasama (simultan) tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen baik pada pembelian tunai maupun angsuran, tetapi secara individual (parsial), faktor kepribadian berpengaruh sign.ifikan terhadap sikap konsumen pada pembelian secara tunai sedangkan pada pambelian secara angsuran, keempat factor tersebut tidak berpengaruh signifikan. Faktor yang paling besar (dominan) mempengaruhi sikap konsumen dalam pembelian sepeda motor secara tunai maupun angswan adalah kepribadian dengan proporsi relatif sebesar 66,924 % pada pembelian tunai dan 55,916 % pada pembelian angsuran.
Collections
- Management [4534]