Analisis Global Value Chain Dalam Meningkatkan Komoditas Ekspor Kerajinan Kulit di Manding Kab. Bantul
Abstract
Dalam menghadapi tingkat persaingan internasional, industri dituntut untuk mampu bersaing dalam pasar global. Daya saing yang tinggi diperlukan bagi setiap industri agar menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. Produktivitas industri dalam bersaing untuk meraih kinerja perdagangan internasional yang optimal salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas rantai nilai (value chain) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan aktivitas dalam rantai nilai (value chain) untuk mendukung kegiatan ekspor kerajinan kulit di Manding Kabupaten Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan jenis data yang diteliti yakni data primer. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif menggunakan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik untuk melihat variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam mendukung kegiatan ekspor. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 variabel yang berpengaruh positif dan signifikan dalam mendukung kegiatan ekspor yaitu inbound logistics, outbound logistics, marketing and sales, service, firm infrastructure, human resource management dan technology development. Terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh dan mendukung kegiatan ekspor kerajinan kulit yaitu variabel operations dan procurement.
Collections
- Economics [2139]