ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KEAMANAN INBOUND DAN OUTBOUND TERHADAP JASA PELAYANAN
Abstract
PT. Pos Indonesia Yogyakarta adalah salah satu perusahaan jasa yang dipegang oleh BUMN yang menyediakan layanan publik untuk masyarakat dalam mengirimkan barang. Supply chain dalam industri jasa dapat diartikan sebagai jaringan alur prosedur, dari barang diterima lalu disimpan, serta disortir hingga bisa didistribusikan kepada sang penerima. Dari studi pendahuluan ditemukan adanya permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan seperti adanya keluhan pelanggan yang terjadi akibat keterlambatan proses pengiriman dan risiko keamanan yang dikeluhkan oleh pihak perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko pada model supply chain perusahaan dan mengidentifikasi sistem keamanan perusahaan tersebut. Peneltian ini menggunakan standarisasi ISO 28001:2007. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data akan dianalisa dengan memberikan nilai risiko oleh expert. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa diperoleh 23 daftar risiko ancaman keamanan pada supply chain perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menemukan 12 risiko yang masuk dalam kategori major dan moderate. Risiko yang paling tinggi adalah sistem informasi ERP yang mengalami kerusakan maka dari itu perlu dilakukannya mitigasi agar sistem ERP dapat berjalan dengan baik. Mitigasinya adalah pengecekan sistem IT jaringan internet secara berkala dan perlu adanya evaluasi setiap karyawan IT yang menangani sistem jaringan tersebut.
Collections
- Industrial Engineering [2225]