dc.description | Dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi meogalami perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai bidang terutama di bidang jasa kependidikan tinggi yaitu perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Persaingan yang sangat ketat diantara perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta dalam menawarkan jasa kependidikan tinggi yaitu jasa perkuliahan yang bermutu dan berkualitas pada akhimya memwiculkan adanya sebutan perguruan tinggi favorit yang salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Di tengah persaingan yang ketat dengan visi dan misi yang jelas. Universitas Islam Indonesia (Ull) selalu berusaha menawarkan jasa perkuliahan yang terbaik bagi konsumennya terutama bagi mahasiswa-mahasiswinya karena kebutuhan dan harapan konswnen yang sudah terpenuhi tentu saja akan membawa pengaruh yang positif dari konsumen yang pada akhimya akan membentuk sikap yang sangat baik dan positifterhadap jasa perlruliaban yang ditawarkan.
Seperti juga perguruan tinggi Iain yang bermutu, jasa yang ditawarkan oleh Universitas Islam Indonesia (UH) sepenuhnya adalah jasa perkuliahan yang meliputi Jasa Kurikuler (JK), Jasa Penelitian (JP), Jasa Pengabdian Masyarakat (JPM), Jasa Administrasi (JA), dan Jasa Ekstrakurikuler (JE) yang akan diberikan kepada selurub mahasiswa mabasiswi selama mengenyam bangku perkuliahan di Universitas Islam Indonesia (UII). Dari kelima jasa perkuliahan tersebut Jasa Kurikuler (JK) adalah jasa yang terpenting dan barns memiliki porsi yang lebih besar sebingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang sikap konsumen terhadap Jasa Kurikuler (JK) yang meliputi : Kurikulum, Rencana Akademik Semester (RAS), Key-in, Silabus, dan Penyajian Materi yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dengan judul "Analisis Sikap Konsumen terhadap Jaso Kurikuler di Fakultas Ekonomi Universitas ls/am Indonesia. "
Dalain melakukan penelitian tersebut, dari populasi sebesar 6040 responden yang terdiri mahasiswa mabasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia diambil 100 responden sebagai sampel dengan menggunakan metode analisis Multi Atribut Attitude Model (MAAM) yang akan menunjukkan sikap positif atau sangat baik sampai dengan sikap negatif atau sangat tidak baik dan metode analisis Kruskal-Wallis H yang akan menunjukkan ada tidaknya perbedaan sikap konsumen berdasarkan karakteristik konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan sikap konsumen tersebut untuk analisis Multi Attibut Attitude Model (MAAM) diperoleh basil perllitungan sikap sangat baik atau positif terhadap Jasa Kuriknler (JK) yang meliputi : Kuriknlum, Rencana Akadentik Semester (RAS), Key-in, Silabus, dan Penyajian Materi yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) sedangkan dari basil analisis dengan Kruskal-Wallis H dapat diketabni bahwa tidak ada perbedaan sikap konsumen terhadap Jasa Kurikuler (JK) yang meliputi : Kurikulum, Rencana Akademik Semester (RAS), Key-in, Silabus, dan Penyajian Materi yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) berdasarkan karakteristiknya yaitu jenis kelarnin, jurusan dan angkatan tahun masuk. | en_US |