Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Haningsih, M.Ag.
dc.contributor.authorSiti Fatimah Septiana, 15422159
dc.date.accessioned2019-12-23T06:18:44Z
dc.date.available2019-12-23T06:18:44Z
dc.date.issued2019-09-23
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/16766
dc.description.abstractMutu pendidikan atau mutu sekolah tertuju pada mutu lulusan. Merupakan sesuatu yang mustahil pendidikan atau sekolah menghasilkan lulusan yang bermutu, jika tidak melalui proses pendidikan yang bermutu pula. Dalam usaha untuk meningkatkan mutu manajemen pendidikan diperlukan beberapa dasar antara lain: (1) komitmen terhadap perubahan, (2) pemahaman yang jelas tentang kondisi yang ada, (3) mempunyai visi yang jelas terhadap masa depan, (4) mempunyai rencana yang jelas yang mengacu pada visi. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas mutu manajemen pendidikan sekolah dituntut mempunyai kebijakan untuk mencapai tujuan tersebut dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nahdlaul Uqul Desa Cacaban Kidul, Bener, Purworejo. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran yang dijalankan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Uqul antara lain: mengelola madrasah, sebagai pengarah, sebagai pengayom, sebagai pelindung bagi warga madrasah, penggagas, bertanggung jawab atas peningkatan mutu sekolah hal-hal yang ada di sekolah, bertanggung jawab mengenai pembelajaran, kemajuan mutu pendidikan serta menjadi contoh atau teladan yang baik untuk para guru, siswa, maupun anggota sekolah. Sedangkan upaya peningkatan mutu manajemen pendidikan yang dilakukan kepala madrasah antara lain: meningkatkan peningkatan kualitas tenaga pendidik, perbaikan terhadap sarana prasarana madrasah, peningkatan jumlah siswa, dan selalu meningkatkan kualitas madrasah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectperan kepala madrasahen_US
dc.subjectmutu manajemen pendidikanen_US
dc.titlePERAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL UQUL DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN DI DESA CACABAN KIDUL, KECAMATAN BENER, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAHen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record