PERAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL UQUL DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN DI DESA CACABAN KIDUL, KECAMATAN BENER, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH
Abstract
Mutu pendidikan atau mutu sekolah tertuju pada mutu lulusan. Merupakan
sesuatu yang mustahil pendidikan atau sekolah menghasilkan lulusan yang
bermutu, jika tidak melalui proses pendidikan yang bermutu pula. Dalam usaha
untuk meningkatkan mutu manajemen pendidikan diperlukan beberapa dasar antara
lain: (1) komitmen terhadap perubahan, (2) pemahaman yang jelas tentang kondisi
yang ada, (3) mempunyai visi yang jelas terhadap masa depan, (4) mempunyai
rencana yang jelas yang mengacu pada visi. Oleh karena itu untuk meningkatkan
kualitas mutu manajemen pendidikan sekolah dituntut mempunyai kebijakan untuk
mencapai tujuan tersebut dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan penelitian yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nahdlaul Uqul Desa
Cacaban Kidul, Bener, Purworejo. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan
Huberman yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, display data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran yang dijalankan oleh kepala
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Uqul antara lain: mengelola madrasah, sebagai
pengarah, sebagai pengayom, sebagai pelindung bagi warga madrasah, penggagas,
bertanggung jawab atas peningkatan mutu sekolah hal-hal yang ada di sekolah,
bertanggung jawab mengenai pembelajaran, kemajuan mutu pendidikan serta
menjadi contoh atau teladan yang baik untuk para guru, siswa, maupun anggota
sekolah. Sedangkan upaya peningkatan mutu manajemen pendidikan yang
dilakukan kepala madrasah antara lain: meningkatkan peningkatan kualitas tenaga
pendidik, perbaikan terhadap sarana prasarana madrasah, peningkatan jumlah
siswa, dan selalu meningkatkan kualitas madrasah.
Collections
- Islamic Education [864]