PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 BALIKPAPAN
Abstract
Kondisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Balikpapan mempunyai hambatan
dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditandai dengan masih
banyaknya siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Kondisi tersebut dipengaruhi oleh proses belajar yang cenderung
monoton karena guru masih menggunakan metode ceramah. Pertanyaan penelitian
pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran
Mind Map pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP
Negeri 8 Balikpapan? 2) Bagaimanakah hasil strategi pembelajran Mind Map
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 8
Balikpapan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian yaitu probability sampling dengan
teknik snowball. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
mind map di SMP Negeri 8 Balikpapan terdapat perubahan yang positif pada
tingkat pemahaman, keaktifan dalam kegiatan belajar, juga semangat belajar yang
meningkat. Hasil nilai pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran mind
map pada kelas VIII di SMP Negeri 8 Balikpapan mengalami peningkatan yang
cukup membanggakan. Hal ini terlihat dari nilai pada tabel ulangan harian. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mind map untuk
meningkatkan prestasi belajar pada kelas VIII berjalan dengan lancar dan
terlaksana cukup baik.
Collections
- Islamic Education [864]