Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Prososial Di MTs Negeri Pakem
Abstract
Kecerdasan Spiritual dapat mengajarkan siswa kelas VII A dan VIII A
melalui lingkungan sekolah,keluarga,dan masyarakat. Ketika siswa berada
dilingkungan sekolah akan terlihat bagaimana kecerdasan spiritualnya akan
muncul disaat melaksanakan sholat dzuhur jama‟ah di masjid. Biasanya siswa
akan mencari tempat aman untuk bersembunyi disaat melakukan sholat
berjama‟ah di masjid. Misalnya di belakang kelas, Kantin, Kamar mandi dan
disinilah siswa mulai mengabaikan yang namanya sholat dzuhur berjama‟ah.
Pada waktu sholat jama‟ah dzuhur sebagian guru piket mencari siswa yang tidak
mengikuti sholat dhuhur berjama‟ah . Selain kecerdasan spiritual penulis ingin
mengkaji juga tentang kecerdasan emosional terhadap perliaku Prososial, maka itu
peniliti ingin membuktikan ada atau tidaknya pengaruh antar kecerdasan spiritual
,kecerdasan emosional dan perilaku prososial terhadap siswa kelas VII A dan VIII
A di MTs Negeri Pakem.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual
dan pengaruh kecerdasan Emosional terhadap perilaku prososial di MTs Negeri
Pakem . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi
penelitiannya di MTs Negeri Pakem. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII
A dan VIII A yang berjumlah 20 siswa . Pengumpulan datanya menggunakan
Metode analisis data ini menggunakan Uji Regresi Berganda dengan bantuan
Program SPSS versi 16,0 untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan
peneliti. Adapun uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan
linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan
spiritual terhadap Perilaku prososial pada siswa kelas VII A dan VIII A di MTs
Negeri Pakem Sebanyak 14,5%.
Collections
- Islamic Education [864]