Perbandingan Tingkat Pencemaran Karbon Monoksida (CO) Di Ruas Jalan Ring Road Utara Gejayan Yogyakarta Menggunakan Pemodelan Dispersi Gauss Dan Pengukuran Langsung
Abstract
Polutan pencemar udara terbesar adalah karbon monoksida (CO) yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Peningkatan kendaraan bermotor terus terjadi namun kualitas jalan cenderung sama bahkan menurun sehingga sering mengakibatkan terjadinya kemacetan. Kemacetan yang terus menerus dan dalam waktu yang lama mengakibatkan penurunan kualitas udara dijalan raya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi pencemaran gas karbon monoksida di jalan raya dengan melihat tingkat kemacetan di jam padat pada saat akhir pekan (weekend) dan hari kerja (weekday) menggunakan pemodelan gaussian line source. Metode yang digunakan yaitu melalui survei dan observasi di lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pemodelan gaussian line source. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi CO pada akhir pekan sebesar 18285,71 μg/m3 dan pada hari kerja sebesar 26523,81 μg/m3. Apabila dibandingkan dengan baku mutu udara ambien, konsentrasi CO belum melewati baku mutu yang telat di tetapkan. Validasi pemodelan dengan NMSE atau Normal Mean Square Error dilakukan untuk mengetahui besarnya error yang terjadi pada pemodelan. Hasil validasi didapat sebesar 0,452 yang menunjukkan bahwa antara pemodelan dengan pengukuran di lapangan telah terjadi kesesuaian.
Collections
- Environmental Engineering [1435]