PENGARUH ERPSim TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SISTEM APLIKASI ERP - SAP
Abstract
Universitas Islam Indonesia yang dalamnya terdapat Fakultas Ekonomi
jurusan Akuntansi yang telah bekerjasama dengan SAP University Alliance
sejak tahun 2009, dimana secara resmi menggunakan ERP SAP sebagai mata
kuliah wajib. Namun, pembelajaran di kelas belum tentu memberikan sebuah
gambaran penggunaan sistem ERP dan proses bisnis di dunia kerja. Situasi ini
dapat diatasi dengan memperkenalkannya lewat simulasi bisnis dimana salah
satu bentuk simulasi bisnis ini adalah ERPSim. Penelitian ini bertujuan untuk
mengukur seberapa jauh penerapan ERPSim sebagai media pembelajaran baik
dalam meningkatkan pengalaman penggunaan sistem ERP, proses bisnis, dan
bagaimana pengaruhnya terhadap hasil nilai mata kuliah Sistem Aplikasi ERP
– SAP. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil mata
kuliah Sistem Aplikasi ERP – SAP dan sudah bermain ERPSim. Sampel yang
digunakan sebanyak 109 responden menggunakan proportionate stratified
random sampling, mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Sistem
Aplikasi ERP – SAP dan telah bermain ERPsim. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program Smart
PLS 3.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa senang berpengaruh
positif terhadap penilaian kognitif dalam menggunakan ERPSim. Sedangkan
niatan dalam menggunakan ERPSim dipengaruhi positif oleh rasa senang dan
penilaian kognitif. Sementara niatan dalam menggunakan ERPSim hanya
berpengaruh positif pada hasil belajaran ERPSim yang dirasakan dan tidak
berpengaruh pada hasil nilai Sistem Aplikasi ERP – SAP.
Collections
- Akuntansi [4399]