Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Beli Konsumen pada Bengkel Mobil Langgeng di Pati
Abstract
Dewasa ini kemajuan perekonomian mampu meningkatkan status sosial dan ekonomi masyarakat sehingga berdampak perubahan prilaku dan gaya hidup masyarakat. Salah satu yang mengalami perkembangan pesat adalah dunia otomotif. Ini dikarenakan proses mooilisasi seseorang sangat tinggi, mobil adalah salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar proses mobilisasi. Untuk itu dibutuhkan perusahaan jasa yang memberikan pelayanan / service terhadap mobil tersebut.
Kualitas pelayanan merupakan suatu strategi yang penting bagi keberhasilan dan kelangsungan hidup suatu organisasi bisnis, w1tuk itu bengkel mobil harus mampu mempertahankan hubungan dengan konsumen melalui kualitas jasa pelayanannya. Kualitas jasa disini akan diukur dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Berdasarkan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Tehadap Keputusan Beli Konsumen Pada Bengkel Mobil Langgeng Di Pati. maka didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel bebas ( tangibel, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty ) terhadap kepuasan konsumen dalam hal ini sebagai variabel terikat. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji F hitung sebesar 89,012. Keputusan Beli konsumen juga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dengan variabel paling dominan adalah tangibel sebesar 0,387. Ini menunjukkan bahwa penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik bengkel dan keadaan sekitarnya adalah bukti fisik dari kualitas pelayanan yang mampu mendorong keputusan beli setiap konsumen. Sedangkan variabel yang paling lemah adalah variabel reliability yaitu sebesar 0, 160. Ini menunjukkan bahwa kemampuan dalam memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera dan akurat belum dapat mendorong keputusan beli. kepada konsumen secara maksimal. Keduanya dapat dibuktikan dengan menggunakan uji beta.
Berdasarkan hasil kesimpulan maka penulis menyarankan agar pihak bengkel Langgeng ini meningkatkan kemampuan dan ketrampilan karyawan atau mekanik melalui traning maupun pelatihan-pelatihan agar mereka lebih cekatan dalam memberikan pelayanan.
Collections
- Management [4666]