dc.description.abstract | Perkembangan dunia periklanan pada media hiburan seperti televisi dan majalah saat ini mulai bersaing. Banyak pemasang iklan menggunakan selebriti sebagai alat perangsang guna meningkatkan keefektifan iklannya. Para pemasang iklan percaya dan yakin bahwa dengan menggunakan kredibilitas selebriti dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dibintangi selebriti tertentu. Kredibilitas selebriti tersebut akan dapat mengajak konsumen untuk mencoba dan akhirnya menggunakan produk yang diiklankan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh selebriti endoser dalam mengiklankan suatu produk untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Beberapa penelitian sebelumnya telah menginvestigasikan beberapa variabel yang digunakan untuk mengukur kredibilitas seorang selebriti, maka penelitian ini mengimplementasikan variabel-variabel tersebut untuk mengukur krediblitas selebriti. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan akan menjadi studi replikasi pada pengaruh selebriti endoser terhadap keinginan masyarakat Indonesia untuk membeli.
Sampel iklan yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan Oli Top 1 yang dibintangi oleh DEWA. Data primer dalam penelitian ini diambil dari sebuah survei yang mengikutsertakan 104 responden dari Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Para responden mengevaluasi kredibilitas selebriti dalam mengiklankan suatu produk tertentu melalui variabel-variabel selebriti yaitu ketertarikan selebriti, kepercayaan selebriti, keahlian selebriti, dan kepercayaan terhadap iklan. Semua data primer dianalisis menggunakan analisis regresi ganda, uji korelasi, uji parsial dengan uji t, uji F, dan koefisien determinan.
Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa kredibilitas selebriti dalam beriklan sangat signifikan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli. Semua variabel-variabel mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Variabel keahlian selebriti kurang dominan dalam mempengaruhi minat beli oli top 1. Variabel ketertarikan selebriti, kepercayaan selebriti dan kepercayaan terhadap iklan pada seorang selebriti sangat dominan berpengaruh secara efektif dan signifikan. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penggunaan selebriti dalam beriklan akan efektif bila faktor ketertarikan, kepercayaan selebriti, dan kepercayaan terhadap iklan secara positif mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang diiklankan. | en_US |