Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D,
dc.contributor.authorARUM MURTIA ANDINI, 14511089
dc.date.accessioned2019-11-06T01:39:37Z
dc.date.available2019-11-06T01:39:37Z
dc.date.issued2019-09-06
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/16070
dc.description.abstractKecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan atau tanpa pemakai jalan lainnya. Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh faktor manusia, kendaraan serta elemen jalan dan lingkungan. Salah satu lokasi dengan angka kecelakaan tinggi adalah ruas Jalan Yogyakarta-Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang angka kecelakaan dan lokasi black spot ruas jalan Yogyakarta-Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis angka kecelakaan berdasarkan tingkat kecelakaan, kendaraan yang terlibat, waktu kecelakaan, usia pelaku, jenis kelamin serta jenis pekerjaan. Sedangkan, penentuan lokasi black spot menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Batas Kontrol Atas (BKA). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan langsung dilapangan dan beberapa instansi pemerintahan seperti data kecelakaan lalu lintas, volume lalu lintas, dan kondisi International Roughness Index (IRI) ruas jalan Yogyakarta-Bantul. Berdasarkan analisis yang dilakukan, didapat lokasi black spot ruas jalan Yogyakarta- Bantul yaitu berada pada km 4-5, km 7-8, dan km 9-10,3, dengan nilai angka ekivalen kecelakaan tertinggi berada pada km 4-5. Dari 303 kasus kecelakaan yang terjadi, kecelakaaan tertinggi terjadi pada pengendara sepeda motor pada waktu siang hari yaitu pukul 12.01-18.00 dengan mayoritas usia pelaku kecelakaan yaitu 41-60 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Hasil uji Chi Square menyatakan bahwa tidak ada korelasi antara kondisi jalan berdasarkan nilai International Roughness Index dengan jumlah kecelakaan yang terjadi. Kecelakaan terbesar terjadi pada jalan yang kondisi kekasarannya cukup baik. Faktor terbesar yang menyebabkan kecelakaan pada lokasi black spot jalan Yogyakarta-Bantul yaitu faktor manusia, seperti perilaku melawan arah, perilakui mendahului kendaraan lain, hingga memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkecelakaanen_US
dc.subjectangka kecelakaanen_US
dc.subjectblack spoten_US
dc.subjectfaktor kecelakaanen_US
dc.titleKAJIAN ANGKA KECELAKAAN DAN LOKASI BLACK SPOT PADA RUAS JALAN YOGYAKARTA - BANTUL STUDY OF ACCIDENT RATES AND BLACK SPOT LOCATION ON YOGYAKARTA - BANTUL ROADen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record