Analisa Pengaruh Brand Image, Product Feature dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Aseli Dagadu Djokdja
Abstract
Bagi kalangan anak muda khususnya yang berlokasi di daerah Yogyakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi mendengar adanya kaos " Dagadu " atau produk dagadu lainya, bahkan nama Dagadu sudah menyebar luas di penjuru nusantara lndoensia, Pada awal pertama muncul nama Dagadu begitu mencuat, dengan produknya yang unik unik dan bernuansa humor yang tinggi sangat diminati konsumen khususnya kalangan anak muda, mengapa kita bisa mengatakan demikian, karena bisa kita lihat secara sepintas dari ramainya pembeli di counter penjualan khususnya di Malioboro Mall, dengan antusiasnya para pembeli berdesak desakan, apalagi pada saat liburan tiba, terkadang sampai kehabisan stock penjualan. Hal itu dapat kita lihat pada tahun tahun pertama munculnya produk Dagadu. Tetapi bagaimana halnya dengan kondisi yang sekarang??, secara sepintas dapat kita lihat bahwa di counter penjualan di Malioboro Mall sudah tidak seramai dulu, tentunya dari diri kita timbul suatu pertanyaan, mengapa keadaannya tidak seperti dulu?? Ada apa dengan Dagadu??.
Dengan timbulnya pertanyaan pertanyaan demikian seperti diatas maka, tentunya ada perkiraan perkiraan sebenamya apa yang menyebabkan keadaan demikian. Apakah ada pengaruhnya pada berbagai hal, seperti misalnuya kebosanan, harga yang terlampau tinggi, kualitasnya atau hal lain?. Maka diadakanlah suatu penelitian untuk mengetahui apa penyebab dari berkurangnya konsumen pada produk Dagadu Djokdja, disini hanya mengkhususkan pengaruh pengaruh antara lain : Brand Image, product feature, harga terhadap loyalitas konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh yang merupakan hasil dari jawaban responden terhadap angket, data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber sumber lain seperti literatur dan penelitian terdahulu serta pihak pihak yang terkait, angket yaitu cara pengumpulan data denganmemberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden.
Pengambilan sample menggunakan metode Accidental Sampling atau incidental sampling, dimana data dikumpulkan dari individu individu atau kelompok yang kebetulan dijurnpai atau dijurnpai saja.
Hasil penelitian disini menunjukan bahwa ternyata benar ada hubungan yang signifikan antara pengaruh brand image, product feature, dan harga terhadap loyalitas konsurnen, dan hubungnnya berimplikasi positif. Dan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap loyalitas konsumen Dagadu Djokdja adalah Brand Image karena memiliki tingkat rata rata yang lebih besar daripada yang lainnya. Dari semua hasil, variabel harga menunjukan tingkat hubungan yang paling kuat terhadap loyalitas konsumen, dimana dalam menentukan loyalitasnya terhadap produk kaos Dagadu konsurnen lebih melihat harga dari produk tersebut dibandingkan dengan product feature ataupun brand image.
Collections
- Management [4527]