Show simple item record

dc.contributor.authorFahrizal Rachman, 99311131
dc.date.accessioned2019-09-20T07:56:05Z
dc.date.available2019-09-20T07:56:05Z
dc.date.issued2004-11-03
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15677
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa pada studio musik Sketsa Wonogiri. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu: tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (cepat tanggap), emphaty (empati), assurance (jaminan), sedangkan variabel tergantung adalah karakteristik konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa studio musik Sketsa. Sampel penelitian ditentukan dengan metode persentase yaitu sebanyak 100 orang. Data diperoleh dengan metode kuesioner dan wawancara. Validitas butir instrumen dihitung dengan metode korelasi Pearson. Reliabilitas dihitung dengan metode Alpha Cronbach. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semantic Differential dan Regresi Berganda. Alat analisis yang pertama digunakan untuk membuktikan hipotesis pertama yang diajukan oleh peneliti, yaitu adanya kesenjangan (gap) antara harapan konsumen dengan kinerja studio musik Sketsa Wonogiri. Sedangkan alat analisis regresi berganda (multiple regression) digunakan untuk membuktikan hipotesis sebagai jawaban sementara atas rumusan masalah yang ada bahwa lima elemen komponen kualitas jasa yang terdiri dari: bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness)jaminan (assurance) dan empati (emphaty) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen studio musik Sketsa Wonogiri. Berdasarkan analisis perbedaan semantik (semantic differential) dapat diketahui bahwa penilaian konsumen terhadap Lima dimensi kualitas jasa memberikan penilaian yang positif, namun masih terjadi kesenjangan (gap) yang negatif antara harapan konsumen dengan kinerja sesungguhnya dari Studio Musik Sketsa Wonogiri. Kesenjangan yang negatif tersebut diakibatkan oleh kinerja yang secara relatiflebih rendah jika dibandingkan dengan harapan konsumen. Dari uji yang dilakukan secara simultan (F Test) dan parsial (t test) dapat diketahui bahwa lima komponen kualitas jasa yang terdiri dari Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati secara bersama-sama maupun individual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen Studio Musik Sketsa Wonogiri. Artinya, variasi nilai yang terjadi pada kepuasan konsumen terhadap jasa pelayanan Studio Musik Sketsa Wonogiri sangat dipengaruhi oleh kelima elemen atau komponen kualitas jasa tersebut. Dari kelirna komponen atau elemen kualitas jasa tersebut dapat diketahui bal1wa secara relatif elemen kualitas jasa yang rnempunyai pengaruh lebih dominan adalah elernen kualitas jasa kehandalan. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai elastisitas koefisien regresi yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan nilai elastisitas koefisien regresi elemen kualitas jasa lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Kepuasan Konsumenen_US
dc.subjectPelayanan Jasaen_US
dc.subjectStudio Musik Sketsa Wonogirien_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Jasa pada Studio Musik Sketsa Wonogirien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record