Analisis" Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba" Pada PT. Kharisma Mataram Jaya Gemilang di Showroom Suzuki Cabang Jl. Mataram No. 100 Yogyakarta
Abstract
Definisi Break Even Point adalah suatu titik atau suatu keadaan penghasilan dari penjualan hanya cukup untuk menutup biaya total (biaya variabel dan biaya tetap) atau bisa dikatakan impas. Dengan kata lain jumlah laba sama dengan nol atau bahwa penghasilan total sama dengan biaya total.
Perencanaan laba adalah merencanakan seberapa besar laba yang diharapkan oleh perusahaan dengan memandang hubungan yang ada antara volume penjualan yang dilaksanakan, jumlah biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang diterima.
Jadi Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba adalah menentukan batas - batas seberapa besar pengaruh perubahan pendapatan penjualan terhadap laba yang diharapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian maupun tidak untung atau bisa dikatakan impas. Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia . Terdapat berbagai macam merk sepeda motor yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah Suzuki. Di Daerah Istimewa Yogyakarta , PT. Kharisma Mataram Jaya Gemilang adalah main dealer sepeda motor merk Suzuki yang digunakan sebagai tempat penelitian untuk skripsi ini .
Untuk mengetahui kondisi perusahaan tersebut maka dilakukan analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba. Berdasar hasil analisis maka sejauh ini PT. KMJG Cabang JI . Mataram no. 100, Yogyakarta memiliki kondisi yang baik yaitu mampu melampaui BEP- nya.
Collections
- Management [4534]