Show simple item record

dc.contributor.authorAinuddin Kadir, 98311167
dc.date.accessioned2019-09-17T07:14:39Z
dc.date.available2019-09-17T07:14:39Z
dc.date.issued2005-05-21
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15506
dc.description.abstractSetiap perusahaan perlu mengupayakan agar konsumen merasa puas dengan produknya, sehingga konsumen memiliki loyalitas terhadap merek produk tersebut. Sehubungan dengan hal ini, penelitian ini berusaha menelaah hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek, untuk produk mie instan merek Indomie produk dari Indofood Sukses Makmur Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah warga masyarakat yang tinggal di Pelem Kecut, Catur Tunggal, Depok, Steman, Yogyakarta, yang telah berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden, dan diambil secara acak. Untuk pengumpulan data digunakan metode keusioner dan studi pustaka. Sedangkan untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik korelasi product moment dan regresi sederhana. Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Tingkat Kepuasan Konsumen mie instan merek Indomie di wilayah Pelem Kecut, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta adalah sedang; (2) Tingkat Loyalitas Merek mie instan merek Indomie di wilayah Pelem Kecut, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta adalah tinggi; (3) Koefisien korelasi antara variabel bebas yaitu Kepuasan Konsumen (X) terhadap variabel tergantung Loyalitas Merek (Y) adalah 0,774. Tingkat hubungan kedua variabel tersebut dapat dikategorikan memiliki hubungan/korelasi yang kuat dan bersifat positif, dan hubungan kedua variabel tersebut adalah signifikan (4). Besarnya pengaruh variabel bebas (Kepuasan Konsumen) terhadap variabel tergantung (Loyalitas Merek) adalah sebesar 59,9%, dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain; (5) Persamaan regresi antara variabel tergantung Loyalitas Merek (Y) dengan variabel bebas Kepuasan Konsumen (X) adalah : Y = -1,960 + 0,728 X. Hal ini menjukkan bahwa apabila konsumen tidak puas terhadap produk mie instan merek Indomie, maka konsumen tersebut tidak akan memiliki loyalitas terhadap merek yang bersangkutan. Hipotesa yang berbunyi bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Kepuasan Konsumen produk mie instan dengan Loyalitas Merek Indomie adalah terbukti. Artinya semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk mie instan Indomie akan menyebabkan semakin tinggi pula tingkat loyalitas konsumen terhadap mie instan merek Indomie, dan sebaliknya semakin rendah tingkat kepuasan konsumen terhadap produk mie instan Indomie akan menyebabkan semakin rendah pula tingkat loyalitas konsumen terhadap merek mie instan merek Indomieen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Pengaruhen_US
dc.subjectKepuasan Konsumenen_US
dc.subjectMie Instanen_US
dc.subjectLoyalitas Merek Indomieen_US
dc.subjectProduk PT. Indofood Sukses Makmuren_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Mie Instan terhadap Loyalitas Merek Indomie Produk PT. Indofood Sukses Makmuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record