Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Rokok Sampoerna A 'Mild di Yogyakarta
Abstract
Perusahaan Sampoerna telah mengeluarkan salah satu produk andalannya, yaitu Rokok dengan kadar tar dan nikotin terendah di dunia. Produk ini mendapatkan sukses besar dalam penjualannya, ini menyebabkan para pesaing bermunculan dengan membuat produk yang serupa. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengantisipasinya, salah satunya dengan cara melakukan riset untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi sikap konsumen dalam membeli produk rokok sampoerna A'Mild. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi pengaruh atribut penting yang menyertai keyakinan, evaluasi, dan sikap konsumen dalam membeli rokok Sampoema A'Mild.
Data penelitian ini diperoleh dengan cara convenience sampling pada 100 reponden yang pernah memakai produk rokok Sampoerna A'Mild di Yogyakarta. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dan uji-f untuk analisis regresi dan uji beda jenjang dari Kruskal-Wallis, hipotesis-hipotesis tersebut diuji dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada rokok sampoerna A'Mild, memang ada pengaruh positif dari keyakinan dan evaluasi terhadap sikap konsumen dalam membeli rokok sampoema A'Mild.
Disamping itu, atribut tar dan nikotin rendah mendapat nilai keyakinan dan sikap tertinggi dari konsumen, sedangkan yang masih dianggap kurang adalah kemasan kuat dan rasa gurih.
Dengan demikian manajemen perusahaan perlu memperbaiki kemasan produk ini dengan cara mengganti bahan pembuatan kemasan yang lebih kuat, ataupun membuat kemasan baru. Untuk rasa gurih bisa diatasi dengan cara memberi rasa pengganti lainnya seperti, rasa menthol, rasa kopi, ataupun rasa unik lainnya.
Collections
- Management [4524]