Tingkat Loyalitas Konsumen Rokok Djarum Super dan Rokok A Mild (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi UII)
Abstract
Perusahaan rokok belakangan ini semakin gencar mengeluarkan produkproduk rokok baru guna merebut pasar dengan memposisikan produknya pada kebutuhan segmen sasaran. Djarum Super dan A Mild adalah merek rokok yang memfokuskan kegiatan pemasarannya pada prilaku konsumen yang semakin kompleks dengan cara memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk rokok kepada konsumen.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis ProT (possibility rate of transition) merupakan alat analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana probabilitas perpindahan merek dari berbagai merek produk yang beredar di pasaran dan analisis Arimathic Mean (mean arimatik) merupakan alat analisis yang mengukur tingkat loyalitas konsumen terhadap merek yang dibedakan menurut switcher, habitual buyer, satisfied buyer, likes the brand, commited buyer.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa merek rokok Djarum Super dan merek rokok A Mild pada probabilitas perpindahan merek memiliki persentase yang lebih besar daripada percentage of unloyal yang mengindikasikan bahwa konsumen rokok yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia tidak loyal terhadap merek dan pada tingkatan loyalitas konsumen terhadap merek rokok Djarum Super dan merek rokok A Mild dari hasil perhitungan arimatik mean besarnya berkisar pada nilai "cukup" dan hanya satu yang bernilai "baik" (likes the brand).
Collections
- Management [4527]