Peluang Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Kota Yogyakarta
Abstract
Kosmetik berlabel halal dalam industri memiliki potensi besar untuk mendorong ekonomi Islam agar bisa besaing di pasar global. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengindentifikasi faktor-faktor wanita Muslim mengkonsumsi kosmetik berlabel halal, subjek dalam penelitian ini adalah wanita Muslim yang berumur di atas 18 tahun sampai 40 tahun, dan mengenal kosmetik berlabel halal, sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Kota Yogyakarta dipilih karena merupakan daerah wisata peradapan kerajaan mataram Islam dan juga berkembang pesatnya Muhammadiyah, sehingga mayoritas penduduknya beragama Islam. Penelitian ini menggunakan analisis model peluang linier, data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil secara parsial 55,1% berpengaruh signifikan, dan 96% responden menjawab YA ingin mengkonsumsi kosmetik berlabel halal.