Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorF.A. Fauzan, 14422076
dc.date.accessioned2019-09-16T02:49:18Z
dc.date.available2019-09-16T02:49:18Z
dc.date.issued2019-07-25
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15436
dc.description.abstractPendidikan merupakan sebuah sarana untuk meningkatkan kualitas moral dan spiritual manusia. Lembaga pendidikan sebagai wadahnya tentu sangat diharapkan mampu merealisasikan tujuan tersebut. Kewajiban untuk merealisai tujuan itu juga di ampu oleh seluruh komponen yang terlibat yaitu masyarakat, keluarga dan sekolah. Selain itu penting juga untuk melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya pendapatan orang tua dan motivasi belajar. Seorang anak yang sedang mengikuti proses pembelajaran tentu membutuhkan sarana dan prasana belajar, kebutuhan tersebut akan tercukupi jika orang tua memiliki pendapatan yang cukup. Dari sisi siswa sendiri motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki, karena motivasi belajar tersebutlah nanti yang akan medorong siswa untuk lebih serius dan memaksimalkan waktu pembelajaran guna meraih prestasi setinggitingginya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah : 1) pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) dan pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian ex post facto dengan tingkat eksplanasinya termasuk kedalam asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 responden yang diambil dari jumlah populasi sebanyak 65 siswa kelas VIII MTs Yapi Pakem. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Setelah dilakukan penelitian maka diketahui bahwa : 1) pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ; 2) motivasi belajar berpengaruh terhadap presatasi belajar siswa ; 3) pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien 0,000, f hitung 10,569, selanjutnya besar pengaruh yang diperoleh dibuktikan dengan nilai R2 0,285 yang artinya kontribusi yang diberikan pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 28,5%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpendapatan orang tuaen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPrestasi belajar siswaen_US
dc.titlePengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Yapi Pakemen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record