Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Yapi Pakem
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah sarana untuk meningkatkan kualitas moral
dan spiritual manusia. Lembaga pendidikan sebagai wadahnya tentu sangat
diharapkan mampu merealisasikan tujuan tersebut. Kewajiban untuk merealisai
tujuan itu juga di ampu oleh seluruh komponen yang terlibat yaitu masyarakat,
keluarga dan sekolah. Selain itu penting juga untuk melihat faktor-faktor yang
dapat mempengaruhinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar diantaranya pendapatan orang tua dan motivasi belajar. Seorang anak yang
sedang mengikuti proses pembelajaran tentu membutuhkan sarana dan prasana
belajar, kebutuhan tersebut akan tercukupi jika orang tua memiliki pendapatan
yang cukup. Dari sisi siswa sendiri motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki,
karena motivasi belajar tersebutlah nanti yang akan medorong siswa untuk lebih
serius dan memaksimalkan waktu pembelajaran guna meraih prestasi setinggitingginya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah : 1) pengaruh
pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 2) pengaruh motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa; 3) dan pengaruh pendapatan orang tua dan
motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian ex post facto
dengan tingkat eksplanasinya termasuk kedalam asosiatif kausal. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 56 responden yang diambil dari jumlah populasi sebanyak
65 siswa kelas VIII MTs Yapi Pakem. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Setelah dilakukan penelitian maka diketahui bahwa : 1) pendapatan orang
tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ; 2) motivasi belajar
berpengaruh terhadap presatasi belajar siswa ; 3) pendapatan orang tua dan
motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap
prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien 0,000, f hitung 10,569, selanjutnya
besar pengaruh yang diperoleh dibuktikan dengan nilai R2 0,285 yang artinya
kontribusi yang diberikan pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa sebesar 28,5%.
Collections
- Islamic Education [863]