Analisis Sikap dan Keyakinan Konsumen terhadap Atribut Toko Swalayan Gading Mas Depok - Sleman, Yogyakarta
Abstract
Perkembangan dunia usaha di Indonesia saat ini mengalami instabilitas akibat dari keadaan ekonomi dan politik negara kita. Kondisi ini berpengaruh juga pada persaingan antar toko swalayan di Daerah Jstimewa Yogyakarta, salah satunya toko swalayan Gading Mas yang selalu ingin meningkatkan penjualan produk yang mereka tawarkan. Karya ilmiah ini menggambarkan dan menganalisis sikap dan penilaian konsumen terhadap atribut yang dimiliki toko swalayan Gading Mas yang berupa : kualitas pelayanan, kualitas fasilitas, lokasi, kelengkapan barang dan tingkat harga berdasarkan karakteristiknya (jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan uang saku per-bulan). Pengukuran sikap konsumen digunakan analisis Fishbein, sedangkan keyakinan konsumen diukur dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap konsumen terhadap atribut toko swalayan Gading Mas adalah positif dan terdapat perbedaan keyakinan konsumen terhadap atribut toko swalayan Gading Mas berdasarkan karakteristiknya. Tingkat harga yang ditawarkan toko swalayan Gading Mas adalah atribut dominan yang dipilih oleh konsumen.
Collections
- Management [4548]