Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan untuk Berbelanja pada Supermarket di Yogyakarta ( Studi Kasus di Gardena, Hero, Mirota Kampus)
Abstract
Sejalan dengan makin maraknya perkembangan dunia bisnis terutama dalam hal bisnis eceran membuat usaha di bidang ini menarik minat para investor karena selain bisnis ini sedang trend juga mempunyai prospek yang cukup cerah. Semakin bertambah banyaknya para pemain di bisnis perdagangan eceran terutama supermarket memang memaksa pihak para pengelola untuk beradu strategi dalam pemasaran. Dalam kondisi dimana sejumlah supermarket di jogjakarta semakin banyak, hal ini juga menimbulkan persaingan supermarket itu sendiri akan selalu ada. Oleh karena itu pihak pengelola supermarket harus memiliki pengetahuan tentang konsumennya, selanjutnya untuk merebut perhatian konsumen penting bagi pengelola supermarket untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan yang dapat mempengaruhi konsumen untuk berbelanja atau memilih supermarket. Bertitik tolak dari hal tersebut akan dilakukan penelitian terhadap perilaku konsumen apa yang menyebabkan mereka berbelanja atau memilih supermarket. Adapun penelitian ini berjudul " Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan untuk Berbelanja pada Supermarket di Jogjakarta (Studi Kasus di Gardena, Hero, Mirota Kampus).
Dalam melakukan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Peneliti terjun langsung ke obyek penelitian untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dan teknik yang dipergunakan adalah wawancara, obsevasi, dan kuesioner.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data dalam dua cara yaitu metode kualitatif dan uji kai kuadrat ( metode kuantitatif ). Metode kualitatif digunakan untuk menguraikan data yang terkumpul dalam hal ini akan diungkapkan gambaran dari variabel terpengaruh ( karakteristik pembelian seperti tingkat usia, pendapatan, pendidikan, status pekerjaan ) dengan variabel pengaruh (harga, kelengkapan barang, layout, lokasi, fasilitas ). Uji kai kuadrat digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian, dilakukan dengan menggunakan alat-alat statistik guna pengujian hipotesis yang telah dirumuskan untuk menguji ada tidaknya perbedaan tanggapan konsumen terhadap atribut harga, kelengkapan barang, layout barang, lokasi, fasilitas ditinjau dari tingkat usia, pendidikan, pendapatan, status pekerjaan.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh berdasarkan uji kai kuadrat ternyata diketahui bahwa terdapat keterkaitan perilaku konsumen supermarket terhadap atribut harga, kelengkapan barang, layout barang, lokasi yang strategis, fasilitas yang memadai ini berarti bahwa atribut-atribut tersebut mempengaruhi keputusan konsumen untuk berbelanja di supermarket dan diantara atribut-atribut tersebut ternyata kelengkapan barang merupakan atribut supermarket yang paling mempengaruhi keputusan konsumen untuk berbelanja di supermarket.
Collections
- Management [4548]