Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Mochamad Nasito., M.M
dc.contributor.authorRidho Ilham, 15311345
dc.date.accessioned2019-09-11T03:03:07Z
dc.date.available2019-09-11T03:03:07Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15216
dc.description.abstractPerusahaan startup dari berbagai sektor ekonomi memainkan peran mendasar dalam memajukan pembangunan berkelanjutan di wilayah di mana perusahaan tersebut beroperasi. Namun, praktik lingkungan dari perusahaan-perusahaan inilah yang menentukan dampak langsung terhadap kelestarian lingkungan. Dalam konteks ini, produksi bersih memainkan peran penting atas penurunan konsumsi dan energi sumber daya alam serta material, dan juga guna merangsang aktivitas pengurangan sistematis dalam limbah dan emisi polutan. Dengan demikian, penting untuk mengidentifikasi penggerak strategis yang telah dimiliki perusahaan sebelum produksi bersih yang nantinya akan mengarahkan perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan diantara para pesaing. Didasari oleh hal tersebut penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggerak strategis (orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan orientasi manajemen pengetahuan) terhadap produksi bersih dan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode pengumpulan data berupa penyebaran angket yang termasuk ke dalam jenis angket tak langsung tertutup dengan item pernyataan yang ada didalam angket dirancang dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini melibatkan 104 responden aktif yang bekerja di perusahaan startup yang beroperasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), yang dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dan deskriptif. Hasilnya menunjukkan ada pengaruh kuat sebelumnya dari penggerak strategis terhadap produksi bersih, yang menunjukkan bahwa korelasi antara tiga anteseden memiliki intensitas tinggi, menunjukkan bahwa perusahaan yang diteliti menggunakan penggerak strategis secara terpisah, yang ketika penggerak startegis tersebut digabungkan mampu menciptakan peluang keberhasilan penerapan produksi bersih yang lebih tinggi, dengan peningkatan yang signifikan dalam keunggulan kompetitif berkelanjutan pada perusahaan startup.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerusahaan Startupen_US
dc.subjectPenggerak Strategisen_US
dc.subjectProduksi Bersihen_US
dc.subjectKeunggulan Kompetitif Berkelanjutanen_US
dc.subjectStructural Equation Modelinen_US
dc.titlei ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN ORIENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP PRODUKSI BERSIH DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BERKELANJUTAN PADA STARTUP COMPANY DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergradute Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record