Show simple item record

dc.contributor.advisorAnas Hidayat, M.B.A., Ph.D.
dc.contributor.authorMuhammad Taufiq Rizqullah, 15311017
dc.date.accessioned2019-09-11T02:35:29Z
dc.date.available2019-09-11T02:35:29Z
dc.date.issued2019-02-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15208
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, namun jumlah penduduk muslim ini tidak sebanding dengan pangsa pasar bank syariah di Indonesia Tujuan – tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari tingkat religiusitas terhadap sikap dari konsumen dan minat beli produk bank syariah. Desain/metodologi – Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dimana penelitian ini melibatkan 150 responden yang berasal dari mahasiswa tiga universitas Islam di Yogyakarta yaitu UIN, UII, dan UMY. Masing-masing kampus diambil sebanyak 50 responden yang memiliki karakter yang sama yaitu beragama Islam. Pertanyaan dari kuisioner didapatkan dari penelitian sebelumnya dan di uji kembali kepada sekitar 45 responden yang berasal dari mahasiswa UII. Setelah uji coba kuisioner dan dinyatakan valid dan reliabel maka pengumpulan data dilanjutkan dengan metode purposive sampling. Selanjutnya setelah data terkumpul maka dilakukan uji regresi klasik dan uji regresi intervening untuk mengetahui pengaruh dari variabel. Hasil Penelitian – Religiusitas merupakan tingkat keyakian seseorang tehadap agamanya yang terdiri dari kepercayaan terhadap ajaran agama, dan takut pada hukuman yang merupakan komponen yang palig berpengaruh dalam mengukur religiusitas. Tingkat religiusitas dari rata-rata mahasiswa 3 universitas Islam di Yogyakarta memiliki nilai yang cukup tinggi sehingga mempengaruhi sikap secara positif dan signifikan selain itu tingkat religiusitas yang tinggi ini juga berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli produk bank syariah secara langsung. Religiusitas yang tinggi mempengaruhi sikap yang baik pula dari konsumen terhadap bank syariah dan pada akhirnya sikap yang baik ini meningkatkan minat beli produk bank syariah. Implikasi Praktis – Penelitian ini menyarankan manajer bank syariah khususnya di Yogyakarta untuk melakukan segmentasi kepada segmen yang memiliki tingkat religiusitas tinggi seperti organisasi-organisasi agama, atau mahasiswa di kampus Islam karena berdasarkan penelitian ini, tingkat religiusitas dari konsumen sangat berparuh terhadap minat untuk membeli produk bank syariah. Selain itu bank syariah dapat meningkatkan sikap baik dari konsumen dengan memperbaiki image, atau kepercayaan dari kosumen sehingga minat dari konsumen pun bisa lebih tinggi lagi terhadap produk bank syariah. Penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk penelitian sejenis dimasa yang akan datang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinaten_US
dc.subjectBank Syariahen_US
dc.subjectReligiusitasen_US
dc.subjectSikapen_US
dc.titlePengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk Bank Syariah di Yogyakartaen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record