Show simple item record

dc.contributor.authorWibowo, Pratik Ary
dc.date.accessioned2019-09-10T07:23:09Z
dc.date.available2019-09-10T07:23:09Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15185
dc.description.abstractKota Banjarnegara terkenal sebagai kota budaya, kota wisata dan pusat kerajinan tangan. Tercatat sarnpai tahun 2005 lebih dari 15 perusahaan yang bergerak dalam produksi keramik sebagai kerajinan tangan. Salah satunya adalah Keramik Mustika. Bisnis ini rnemiliki tingkat persaingan yang sangat kompetitif, sehingga mernerlukan strategi bisnis yang baik untuk menghadapi persaingan. Dengan mengambil latar belakang masalah tersebut penulis mengarnbil judul Analisis Strategi Pemasaran pada Perusahaan Kerarnik Mustika Banjamegara Tujuan penelitian ini adalah untuk rnengetahui posisi bisnis perusahaan dan menetapkan strategi apa yang tepat bagi perusahaan dalarn menghadapi persaingan. Dalarn penelitian ini penulis rnenggunakan analisa matrik MDTI dengan 5 skala. Langkah pada rnatrik MDTI adalah mengidentifikasi variable internal dan eksternal, memberikan penilaian rnasing-masing variable dan menentukan posisi perusahaan. Penulis juga rnenggunakan matrik SWOT untuk rnenggambarkan alternative strategi agar lebih jelas dan detail. Hasil dari analisa tersebut memperlihatkan bahwa variable internal perusahaan bemilai tertimbang 3,50 dan nilai tertirnbang variable eksternalnya adalah 3,75. Posisi perusahaan adalah di pertumbuhan selektif dengan kategori medium. Implementasi strateginya adalah Memimpin berdasarkan segmen, memperbaiki kelemahan, membangun keunggulan.Sedangkan hasil dari analisis SWOT adalah menghasilkan strategi SO yaitu perluasan pangsa pasar dan mempertahankan dan rneningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Strategi ST yaitu membuat produk yang lebih unggul dari pada pesaing dan mempertahankan dan meningkatkan pelanggan-pelanggan yang loyal. Mengembangkan strategi WO dengan melakukan promosi yang lebih efektif kepasar yang dituju dan melakukan riset dan pengembangan terhadap produk. Akhimya mendapatkan strategi WT dengan rnelakukan pelatihan terhadap manajer dan karyawan dan focus pada segmen tertentu. Hasil dari analisa tersebut kemudian digabungkan kemudian kita akan memperoleh grand strategi bagi perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Pemasaranen_US
dc.subjectPerusahaan Keramik Mustikaen_US
dc.subjectBanjarnegaraen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran pada Perusahaan Keramik Mustika Banjarnegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record