Strategi Bersaing PT. Merpati Nusantara Airlines Distrik Yogyakarta dalam Mempertahankan Pangsa Pasar
Abstract
PT. Merpati Nusantara Airlines adalah sebuah perusahaan penerbangan yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1962 dalam bentuk awal Perusahaan Negro (PN). Keberhasilan PT. Merpati Nusantara Airlines dalam mempertahankan pangsa pasarnya selama ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa, dimana dimasa sekarang begitu banyak perusahaanperusahaan penerbangan yang bermunculan di tanah air.
PT. Merpati Nusantara Airlines telah mampu menunjukkan kemampuannya dalam persaingan, maka dari itulah perlu adanya analisis yang menyangkut strategi bersaing perusahaan ini. Dalam strategi bersaing ini dibahas mengenai kekuatan PT. Merpati Nusantara Airlines Distrik Yogyakarta, kelemahan perusahaan, peluang yang dapat diambil perusahaan, juga ancaman yang menjadi hambatan perusahaan. Selain itu untuk mengetahui posisi bisnis perusahaan dan strategi yang perlu diterapkan dalam perusahaan.
PT. Merpati Nusantara Airlint:s Distrik Yogyakarta adalah termasuk dalam wilayah Distrik III dimana perusahaan memiliki 15 orang karyawan yang terbagi ke dalam bagian kantor dan operasional airport. Pembagian jam kerja pada bagian operasional airport adalah dengan sistem shift (paruh waktu) yang terbagi dalam 3 (tiga) shift.
Metode yang digunakan dalam menganalisis PT. Merpati Nusantara Airlines mencakup lokasi perusahaan yang terletak di Jl. Diponegoro No. 31 Yogyakarta, variabel penditian berupa faktor internal perusahaan dan faktor eksternal perusahaan. Selain itu, rnetode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan cara wawancara, penyebaran kuisioner dan analisis dokumen.
Alat pengumpulan yang dipakai adalah studi kepustakaan,wawancara dan kuisioner, sedangkan alat analisis adalah dengan menggunakan Analisis Matrik Daya Tarik industri dan Analisis SWOT.
Dari hasil penelitian didapat bahwa PT. Merpati Nusantara Airlines Distrik Yogyakarta rnemiliki kekuatan berupa kualitas, kelemahan pada variasi produk, peluang pada teknologi dan ancaman pada persaingan. Posisi bisnis PT. Merpati Nusantara Airlines berada pada posisi yang kuat dan tinggi. Strategi yang digunakan adalah diferensiasi yaitu menimbulkan kesan berbeda dibenak konsumen tentang produk yang dijual.
Pada akhimya diharapkan PT. Merpati Nusantara Airlines dapat terus mempertahankan posisi bisnis yang telah dicapai pada ringkat tinggi ini agar terus dapat bersaing di masa yang akan datang.
Collections
- Management [4545]