Analisis Strategi Pemasaran Industri Pengolahan Udang Beku Pada PT. Istana Cipta Sembada di Kota Banyuwangi
Abstract
Skripsi ini berlatar belakang industri pengolahan udang beku. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Istana Cipta Sembada. Berdasarkan penelitian dan pengamatan, penulis rnaka masalah yang dirumuskan adalah berada diposisi bisnis mana perusahaan dilihat dari faktor eksternal (peluang-ancaman) dan faktor internal (kekuatan-kelemahan) serta bagaimana strategi pemasaran perusahaan dirnasa datang.
Variabel internal dalam metode penelitian adalah pangsa pasar, variasi produk, citra produk, kualitas produk, harga produk, cara pembayaran, saluran distribusi, pengmman barang, promosi, efisiensi produksi, teknologi yang dipakai, lokasi perusahaan, pendidikan SOM, keterampilan SOM, ketersediaan SDA udang, dan struktur modal. Variabel eksternal metode penelitian adalah daya beli konsumen, regulasi pemerintah, perubahan teknologi, pertumbuhan pasar, bahan pendukung produksi, sarana transportasi, dan persaingan
Sumber data dan metode pengumpulan data, dengan cara wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada : Factory Manager, Operation Manager, Human Resource and Administration, Quality Control, Production Assistant Manager. Procurement Assistant Manager, Technical Assistant Manager.
Analisa data dilakukan dengan cara identifikasi variabel internal dan ekstemal kemudian membuat penilaian kinerja dan penilaian bobot pengaruh variabel internal dan eksternal. setelah itu dilakukan analisa SWOT dengan memakai matriks IFAS dan EFAS yang kemudian dilanjutkan dengan membuat Grang Strategy SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan
Hasil penelitian menunjukkan posisi bisnis perusahaan PT. Istana Cipta Sembada terletak pada kuadran I. Strategi yang sebaiknya diterapkan adalah strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Collections
- Management [4703]