Analisis Perilaku Konsumen dalam Berbelanja di Toko Gudang Rabat Indogrosir Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empirik tentang perilaku konsumen dalam berbelanja di Toko Gudang Rabat INDO GROSIR Yogyakarta, dan pengaruh sikap, norma subyektif dan perilaku masa lampau terhadap perilaku konsumen serta mengetahui perbedaan perilaku konsumen berdasarkan tingkat penghasilan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang berbelanja di Toko Gudang Rabat INDO GROSIR. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria pernah berbelanja di Toko Gudang Rabat INDO GROSIR minimal 2 kali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Bentler dan Speckart. analisis Regresi Linier Berganda serta Analysis of Variance (ANOVA).
Hasil penelitian menenai analisis sikap konsumen terhadap Toko Gudang Rabat INDO GROSIR menunjukkan bahwa sikap konsumen adalah positif dengan indeks sikap (Ao) sebesar 70.964 yang berada pada interval 65.2 - 81.6 dengan sikap tertinggi pada atribut harga dan sikap terendah pada atribut keamanan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh sikap konsumen (Ao). Norma Subyektif (SN) dan Perilaku Masa Lampau terhadap Perilaku konsumen (BI). Hasil analisis ANOVA menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan perilaku konsumen untuk berbelanja kembali ditinjau dari ratarata tingkat penghasilan.
Collections
- Management [4527]