Show simple item record

dc.contributor.authorHusin
dc.date.accessioned2019-08-30T08:55:47Z
dc.date.available2019-08-30T08:55:47Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/14997
dc.description.abstractPenelitian tentang "Sikap dan perilaku Konsumen Terhadap Handphone Merek Nokia di Kota Surakarta Studi Pada Pelanggan Karto Hallo" bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang keyakinan terhadap atribut yang dimiliki oleh handphone Nokia, dan motivasi konsumen dalam membeli produk tersebut, sebagai gambaran dari sikap dan perilaku mereka terhadap merek handphone Nokia . Penelitian dilakukan di kota Surakarta dengan data yang diperoleh dari angket yang disebarkan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 orang yang diambil dengan mempergunakan teknik pengambilan sampel covenience sampling. Teknik ini dipilih untuk memudahkan peneliti memperoleh data yang diperlukan. Angket yang dipakai untuk mengumpulkan data berisi daftar penyataan tentang variabel keyakinan membeli, evaluasi terhadap keyakinan membeli, keyakinan normatif dan variabel motivasi. Hasil penelitian dianalisis dengan mempergunakan teknik analisis kuantitatif dengan mempergunakan teori Fishbein. Teori Martin Fishbein tentang sikap dan perilaku konsumen terhadap produk menyatakan bahwa sikap terhadap obyek tertentu (misalnya, merek) didasarkan pada perangkat kepercayaan yang diringkas mengenai atribut obyek bersangkutan yang diberi bobot oleh evaluasi terhadap atribut ini. Selanjutnya Fishbein menyatakan bahwa maksud, yang dipandang sebagai anteseden langsung dari perilaku, ditentukan oleh komponen sikap atau pribadi, dan komponen normatif atau sosial. Dengan demikian, model Fishbein ini mengasumsikan bahwa sikap (AB) dan pengaruh sosial (SN) tidak langsung mempengaruhi perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan perilaku konsumen terhadap merek handphone Nokia adalah baik. Hal ini berarti bahwa terdapat kesesuaian antara keyakinan konsumen terhadap atribut yang dimililki oleh merek handphone Nokia sebelum membeli dan sesudah membeli. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa tingkat keyakinan konsumen terhadap atribut yang dimiliki oleh handphone Nokia sebelum dan sesudah membeli mendekati angka yang sama. Berdasarkan perhitungan sikap konsumen dengan mempergunakan model Fishbein terbukti bahwa sikap konsumen terhadap produk handphone Nokia termasuk dalam kategori mendekati sangat baik. Ini terlihat dari nilai yang diperoleh yaitu sebesar + 45,1565. Angka ini terletak pada skala antara + 39,66 yang termasuk kategori lebih baik dan + 59,49 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Adapun perilaku konsumen terhadap produk handphone Nokia adalah baik atau positif. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai B = 38,20. Karena nilai B lebih besar dari nol, maka perilaku konsumen terhadap produk tersebut baik. Hasil nilai perilaku ini diperoleh dengan asumsi bahwa 30 persen pengambilan keputusan dilakukan oleh bukan konsumen, dan 70 persen lainnya dilakukan oleh konsumen sendiri.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Sikapen_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.subjectHandphone Merek Nokiaen_US
dc.subjectKota Surakartaen_US
dc.subjectStudi pada Pelanggan Kartu Halloen_US
dc.titleAnalisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Handphone Merek Nokia di Kota Surakarta Studi pada Pelanggan Kartu Halloen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record