Show simple item record

dc.contributor.authorRumanti, Fiqrada Ela
dc.date.accessioned2019-06-28T08:05:01Z
dc.date.available2019-06-28T08:05:01Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/14775
dc.description.abstractPenelitian ini mengambil judul "Analisis Kepuasan Pengguan Jasa Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kepuasan para pengguna jasa perpustakaan fakultas terhadap kinerja atau pelayanan yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna jasa perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa perpustakaan peneliti menggunakan metode survai kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner. Kemudian dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis selisih dan uji Z. Dalam analisis data yang dilakukan, peneliti menggunakan bantuan komputer program SPSS Ver. 11.0, dengan kuisioner yang terdiri 22 pertanyaan tentang harapan/ kepentingan pengguna jasa dan 22 butir pertanyaan tentang kinerja perpustakaan, diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan para pengguna jasa perpustakaan belum puas terhadap kinerja perpustakaan fakultas. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian para responden bahwa harapan para pengguna jasa lebih besar daripada kinerja yang telsah dilakukan pihak perpustakaan. Terlebih lagi, para pengguna jasa belum merasa puas terhadap variabel daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) terutama pada item-item yang berkenaan dengan kinerja karyawan (sumber daya manusia), maka pihak manajemen perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan para karyawan melalui pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan kinerja sehari-hari mereka.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Kepuasanen_US
dc.subjectPengguna Jasa Perpustakaanen_US
dc.subjectFakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pengguna Jasa Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record