Analisis Strategi Bersaing Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Purwokerto
Abstract
Saat ini persaingan didunia bisnis sangat ketat sehingga setiap perusahaan
perlu memiliki strategi yang jitu dalam menjalankan kegiatannya. Begitu juga
pada lembaga perbankan di Indonesia. Masing-masing dari mereka perlu memiliki
keunggulan kompetitif yang tentunya tidak dimiliki oleh para pesaingnya.
Pada skripsi ini, penulis ingin menguraikan tentang strategi bersaing dari
PT. BNI (Persero) Tbk cabang Purwokerto. Yang ingin di ungkapkan dari skripsi
ini adalah, bagaimana posisi bisnis perusahaan saat ini diantara para pesaingnya.
Selain itu penulis juga ingin menjelaskan tentang strategi apa yang paling tepat
untuk dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan di masa yang
akan datang.
Untuk menguraikan dan memecahkan permasalahan tersebut, dalam
penelitian ini digunakan metode analisis Matrik Daya Tarik Industri atau sering
disingkat MDTI. Dalam analisis MDTI ini yang pertama-tama dilakukan yaitu
menentukan indikator variabel-variabel yang berpengaruh bagi perusahaan.
Variabel tersebut terdiri dari variabel ekstemal dan internal. Setelah itu dilakukan
pendekatan kuantitatif dengan pemberian bobot dan nilai pada masing-masing
indikator pada variabel ekstemal dan internal oleh pihak perusahaan. Untuk
pemberian bobot, jumlah total keseluruhan baik pada variabel ekstemal maupun
internal yaitu 1 atau 100%. Kemudian dalam pemberian nilai, digunakan kriteria
tertentu yaitu menggunakan skala 4. Setelah semua indikator telah diberi bobot
dan nilai, maka langkah selanjutnya yaitu mengalikan keduanya sehingga akan
diperoleh hasil yang disebut nilai tertimbang.
Setelah hasil nilai tertimbang dari variabel ekstemal dan internal
diperoleh, maka langkah selanjutnya yaitu memasukkan nilai tersebut kedalam
Matrik Daya Tarik Industri. Dari sini akan diketahui bahwa posisi bisnis
perusahaan saat ini berada pada posisi medium dari kedua sumbunya, sehingga
perusahaan berada pada sel selektif. Sehingga dapat diketahui langkah apa yang
seharusnya dilakukan oleh pihak perusahaan, yaitu dengan melihat rekomendasi
dari implikasi strategis yang ada pada MDTI. Implikasi strategis yang ada pada
sel selektif Matrik Daya Tarik Industri yaitu bahwa perusahaan tumbuh mengikuti
segmen pasar yang ada, selain itu perusahaan juga perlu melakukan investasi
secara selektif.
Collections
- Management [4703]