Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen untuk Pembelian Suplemen Minuman Penambah Energi di Kecamatan Kraton Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini menjelaskan mengenai atribut produk yang paling dominan yang
berhubungan dengan pengaruh atribut dalam melakukan keputusan pembelian. Atribut-atribut
tersebut adalah harga, ukuran, kemasan, merek, rasa, dan manfaat.
Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan
kuesioner kepada responden yang pernah menggunakan atau sedang
menggunakan produk suplemen minuman penambah energi dan berdomisili di
Kecamatan Kraton, Yogyakarta.
Metode analisis yang digunakan adalah model Regresi Linear Berganda dengan
melihat hasil ada tidaknya pengaruh antara dua variabel atau lebih variabel bebas (X)
terhadap variabel terikat Y. Dari hasil Regresi Linear Berganda ternyata didapat bahwa
atribut yang paling dominan dari produk suplemen minuman penambah energi menurut
preferensi konsumen terhadap keputusan beli adalah atribut manfaat.
Hasil dari penelitian ini memberikan beberapa saran bagi perusahaan/produsen
produk minuman penambah energi yang berhubungan dengan atribut yang paling
dominan terhadap keputusan beli konsumen yaitu bahwa atribut manfaat merupakan
atribut yang paling dominan, maka sebaiknya pihak perusahaan harus memprioritaskan
peningkatan pada atribut ini, karena keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi
oleh faktor manfaat yang akan didapat atau dirasakan setelah mengkonsumsi produk
suplemen minuman penambah energi. Langkah yang dilakukan adalah dengan
memproduksi minuman suplemen yang sehat, segar, siap pakai (langsung dapat
dikonsumsi) dan mampu menambah energi ketika badan terasa lemas serta yang tidak
mempunyai efek samping.
Collections
- Management [4703]