Analisis Strategi Pemasaran pada CV. Bhumi Cipta Mandiri Yogyakarta
Abstract
Analisis strategi pemasaran yang dilakukan terhadap CV. Bhumi Cipta
Mandiri Yogyakarta diperlukan untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan
dan kelemahan di lingkungan internalnya, serta peluang dan ancaman di
lingkungan eksternalnya yang digunakan untuk menentukan posisi strategis CV.
Bhumi Cipta Mandiri Yogyakarta agar dapat tetap bertahan dan mengembangkan
usaha di lingkungan bisnisnya.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi,
kuesioner, metode kepustakaan dan wawancara. Analisis data penelitian yang
digunakan adalah analisis SWOT, yaitu analisis yang membandingkan antara
faktor strategis perusahaan yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman sehingga dapat diketahui posisi strategis perusahaan. Setelah diketahui
posisi strategis perusahaan maka dapat dirumuskan strategi pemasaran dengan
memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan
dan ancamannya.
Setelah melakukan analisis SWOT, yang dilakukan secara kualitatif
dengan menggunakan Matrik Faktor Strategis Internal (IFAS) dan Matrik Faktor
Strategis Eksternal (EFAS) dapat disimpulkan bahwa posisi CV. Bhumi Cipta
Mandiri terletak pada kuadran I karena perusahaan memiliki peluang dan
kekuatan internal yang baik, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang
yang ada. Sedangkan pilihan strategi yang sebaiknya diterapkan dan dilakukan
oleh perusahaan adalah strategi SO, atau strategi agresif yaitu perusahaan
memaksimalkan kekuatan internal bisnis (yang terdiri dari pangsa pasar, variasi
produk, desain produk, harga produk, citra perusahaan, kualitas produk dan citra
produk) yang cukup baik sekaligus memanfaatkan peluang bisnis (yang terdiri
dari perubahan selera konsumen, daya beli konsumen, perubahan teknologi,
persaingan harga, pertumbuhan pasar dan struktur persaingan) yang cukup
menjanjikan. Serta meminimalkan kelemahan (promosi, lokasi perusahaan,
struktur organisasi, saluran distribusi, sumber daya manusia, mesin dan peralatan)
dan ancaman (depresiasi mata uang, masuknya pesaing baru dan politik serta
keamanan).
Collections
- Management [4524]