dc.description.abstract | Perkembangan dunia usaha dewasa ini diwarnai dengan pergeseran dari
ekonomi produksi ke ekonomi pasar. Persaingan bukan hanya mengenai seberapa
tinggi produktifitas perusahaan dan rendahnya tingkat harga produk namun lebih
pada kualitas produk tersebut. Berbicara masalah kualitas maka tidak akan jauh
dari masalah konsumen, karena yang akan merasakan kualitas itu adalah
konsumen. Untuk itu dipelukan suatu pengelolaan perusahaan yang sebaik-baiknya
sehingga dapat menambah kepercayaan konsumen terhadap perushaan.
Untuk itulah penulis memilih judul "Evaluasi terhadap Rumah pada Perum-
Perumnas Cabang Yogyakarta" (Study kasus pada Perumahan Guwosari,
Perumnas Yogyakarta) agar dapat mengetahui seberapa besar penyimpangan
kualitas rumah dari standard kualitas yang telah ditentukan dan apakah
penyimpangan tersebut jauh dari standard yang telah ditentukan, untuk
mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan tersebut.
Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Control Chart dengan
menghitung prosentase kerusakan kemudian membandingkan dengan batas
kerusakan yang masih dapat ditolerir oleh perusahaan. Penelitian kemudian di
fokuskan pada bagian pondasi yang di pisahkan menjadi 4 penelitian yaitu pada
kedalaman, tinggi, lebar atas, lebar bawah, dan pada atribut yaitu kerapian lantai
dan kehalusan dinding. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas rumah (dalam hal ini
pondasi dan atribut diasumsikan mewakili kualitas rumah) berada dalam keadaan
tidak terkendali, meskipun ada beberapa penelitian yang menyatakan dalam
keadaan terkendali. Faktor tenaga kerja umumnya pada penelitian ini menjadi
sumber dari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, dan sistem kerja menjadi
faktor tejadinya ketidak effektifan kinerja pada proyek. | en_US |