Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Ponsel Nokia Seri Communicator
Abstract
Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan
setiap orang. Melalui komunikasi setiap orang dapat menyampaikan informasi,
maupun mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Kemajuan ilmu dan
teknologi ditujukan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan setiap orang. Salah
satu hasil ilmu dan pengetahuan tersebut adalah telepon seluler atau ponsel
sebagai media komunikasi jarak jauhyang praktis. Ada berbagai macam vendor
penyedia ponsel yang bersaing dengan berbagai macam tipe yang ada dalam
pasar tanah air.
Dalam pasar ponsel kita, Nokia adalah salah satu merek yang paling
aktif menelurkan varian ponsel dengan berbagai tipe dari mulai seri kelas bawah
sampai seri kelas atas. Salah satu seri yang terkenal kecanggihannya adalah
nokia communicator, sebuah ponsel dengan balutan teknologi yang sangat
canggih dan mampu memberikan prestis bagi setiap pemakainya. Dalam
pemasaran produk nokia seri communicator tersebut perlu diketahui variable-variabel
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian ponsel
nokia seri communicator. Sejalan dengan hal tersebut, penulis mencoba
menggunakan pendekatan teori Marketing Mix atau bauran pemasaran, untuk
dianalisis bagaimana pengaruh variabel-variabel marketing mix yang berupa
produk, harga, distribusi, dan promosi, terhadap keputusan konsumen dalam
pembelian ponsel nokia seri communicator. Selain itu penulis akan mencari
tahu variabel marketing mix mana yang pengaruhnya paling minimum dalam
keputusan beli konsumen, untuk diberikan saran perbaikan serta peningkatan.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan
analisis Regresi Berganda yang mencakup pula analisis Uji F (Uji Serentak),
Uji t (Uji Parsial) maupun Koefisien Determinasi Parsial. Melalui Uji Serentak
dapat diketahui apakah variabel marketing mix yang diukur berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen dalam keputusan pembelian ponsel
nokia seri communicator secara simultan. Melalui Uji Parsial dapat diketahui
pengaruh masing-masing variabel marketing mix yang diukur terhadap
keputusan konsumen dalam pembelian ponsel nokia seri communicator.
Sedangkan koefisien Determinasi Parsial digunakan untuk mengetahui variabel
marketing mix yang berpengaruh minimum terhadap keputusan konsumen
dalam pembelian ponsel nokia seri communicator.
Berdasarkan pengujian data yang diperoleh penulis dari responden
pengguna ponsel nokia seri communicator dapat diketahui bahwa seluruh
variabel marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
konsumen secara serentak. Secara parsial, variabel produk dan harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan variabel
marketing mix yang memberikan pengaruh minimum terhadap keputusan
konsumen dalam pembelian ponsel nokia seri communicator adalah variabel
promosi serta distribusi.
Collections
- Management [4534]