Analisis Kualitas Layanan pada Bengkel Suzuki Subur Motor Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa, yaitu bengkel Suzuki Subur Motor
Purworejo secara parsial maupun simultan, serta untuk mengetahui variabel yang
paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan bengkel Suzuki Subur Motor
Purworejo pada bulan Mei 2005. Adapun sampel yang diambil selama bulan tersebut
sebanyak 100 orang dengan cara random sampling. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda,
dan analisis korelasi parsial.
Hasil dari pengujian dengan analisis korelasi berganda menunjukkan bahwa
semua variabel independen (Reliability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, dan
Empathy) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen
(kepuasan pelanggan), sedang. pengujian secara parsial menunjukkan bahwa semua
variabel berpengaruh signifikan terhadapkepuasan pelanggan. Variabel yang paling
dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah Reliability.
Collections
- Management [4534]