PENGARUH POLITICAL CONNECTION TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui perbedaan political
connection terhadap nilai perusahaan pada saat sebelum dan sesudah peristiwa
pencalonan presiden, pemilihan presiden, dan pengumuman hasil pemilihan
presiden Republik Indonesia periode 2014-2019. Obyek penelitian ini adalah
perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014. Penelitian ini
membandingkan rata-rata harga saham sebelum dan sesudah tiga peristiwa
tersebut menggunakan analisis data uji wilcoxon dan paired t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan harga saham perusahaan yang
berkoalisi dengan Koalisi Merah Putih (KMP) sebelum dan sesudah pemilihan
presiden, namun tidak demikian halnya dengan perusahaan yang berkoalisi
dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Selain itu tidak terdapat perbedaan
signifikan harga saham perusahaan yang berkoalisi baik dengan KMP maupun
KIH pada saat sebelum dan sesudah pencalonan presiden dan pengumuman hasil
pemilihan presiden.
Collections
- Akuntansi [4399]