u“FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN PERUSAHAAN DALAM MENENTUKAN KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN” (Studi Pada: Perusahaan Sektor Konstruksi dan Bangunan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2017)
Abstract
Struktur modal merupakan perbandingan antara utang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Kebijakan struktur modal merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal (DER) yang terdiri dari profitabilitas (ROA), struktur aset (rasio aset tetap), risiko bisnis (DOL), ukuran perusahaan (Ln_Aset), dan juga menganalisis pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan (PBV). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor konstruksi dan bangunan yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2017. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 9 perusahaan sektor konstruksi dan bangunan, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan sederhana dengan toleransi tingkat kesalahan (α) sebesar 5% yang diolah menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal, struktur aset berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, risiko bisnis berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa struktur modal pada perusahaan sektor konstruksi dan bangunan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...