Transformasi Ojek Konvensional ke Ojek Online dalam Perspektif Sosial Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk,
persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan persepsi risiko terhadap penerimaan
fitur online Go-Jek dengan objek penelitian pengemudi ojek konvensional yang
beralih menjadi pengemudi ojek online di Kota Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan variabel intervening minat menggunakan fitur Go-Jek. Kerangka
dasar teori dari penelitian ini yaitu teori penerimaan teknologi. Pemilihan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria
pengemudi ojek konvensional yang beralih menjadi mitra pengemudi Go-Jek.
Menggunakan partial least square (PLS), hasil penelitian menemukan bahwa
terdapat pengaruh pengetahuan produk, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan
terhadap minat menggunakan fitur Go-Jek. Pengemudi ojek didominasi umur 41-
50 tahun. Pendapatan yang diperoleh menjadi lebih baik setelah menggunakan
fitur online Go-Jek. Keseluruhan sampel berjenis kelamin laki-laki dikarenakan
profesi sebelumnya yang pernah menjadi ojek konvensional. Sebagian besar
pengemudi ojek berijazah sekolah menengah dan hanya 8% yang berpendidikan
diploma dan sarjana.
Collections
- Economics [2138]