Analisis Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kotawaringin Timur Dalam Upaya Menjadikan Sampit Sebagai Kota Tujuan Pariwisata 2016-2021
Abstract
Sampit merupakan Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur yang berada di Provinsi kalimantan Tengah. Potensi yang dimiliki Sampit beraneka ragam, tidak hanya wisata alamdan kreatifitas masyarakatnya saja yang dimiliki tetapi juga memiliki kebudayaan dan agama yang beraneka ragam. Rencana ini merupakan program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kotawaringin Timur (KOTIM) tahun 2016-2021. Analisis yang dilakukan peneliti mengangkat berbagai rencana komunikasi Pemerintah KOTIM serta kendala apa saja yang dihadapi hingga terwujudnya Sampit menjadi Kota TujuanWisata.
Penelitian ini menggunakanmetode kualitaif menjabarkan perencanaan komunikasi yang dilakukan Pemerintah KOTIM dalam mengupayakan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Peneliti melakukan observasi dengan wawancara dan dokumentasi. Yang dilakukan di Kantor Bupati KOTIM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pada bulan Maret 2018.
Berdasarkan hasil penelitian, Perencanaan komunikasi yang dilakukan adalah pertama, perencanaan komunikator, perencanaan ini dilakukan dengan menentukan komunikator dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat dan melakukan pendekatan. Kedua, perencanaan pesan, perencanaan ini berfokus kepada pesan yang disampaikan kepada masyarakat agar pesan dapat mudah dipahami. Ketiga, perencanaan media, dalam perencanaan ini media massa memang sangat dibutuhkan dalam hal mempromosikan potensi apa saja yang dimiliki. Keempat, perencanaan komunikan, perencanaan ini berfokus kepada komunikan yang akan disampaikan pesan. Kelima, feedback, kegiatan dalam menerima tanggapan dari masyarakat.
Collections
- Communication [943]