PENGARUH REVIEW FOOD BLOGGER JAVAFOODIE TERHADAP MINAT BERPERILAKU KONSUMEN KULINER DI YOGYAKARTA
Abstract
Era digital mengubah banyak hal, tidak terkecuali cara berpromosi yang mengalami pergeseran dari media cetak ke platform digital. Salah satu media sosial yang dimanfaatkan dan banyak digunakan adalah instagram. Media promosi menggunakan instagram juga memudahkan para pelaku usaha untuk memunculkan minat perilaku.. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh salah satu food blogger di Yogyakarta, yaitu Javafoodie. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Javafoodie pada minat perilaku konsumen di Yogyakarta yang melakukan review dan kerjasama dalam mempromosikan kuliner melakui instagram. Analisi menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat analisis AMOS versi 22.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi pembentuk harapan kinerja mempunyai pengaruh positif (informatif dan persepsi relevansi) sedangkan variabel harapan kinerja yang terbentuk juga memiliki pengaruh positif terhadap minat berperilaku, semakin tinggi harapan kinerja maka akan semakin tinggi minat berperilaku. Informatif dan persepsi relevansi mempengaruhi harapan kinerja sebesar 79,4 % dan harapan kinerja mempengaruhi minat berperilaku sebesar 71,8%. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi pemasar apabila ingin memanfaatkan instagram sebagai media untuk mereview kuliner dan promosi.
Collections
- Master of Management [400]