ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dengan judul Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Lebih spesifik untuk mengetahui: 1) Pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah, 2) Pengaruh religiusitas/keyakinan terhadap kepuasan nasabah, 3) Pengaruh religiusitas/keyakinan terhadap loyalitas, 4) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, dan 5) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota/nasabah pembiayaan KSPPS di Yogyakarta. Sampel yang diambil 150 orang nasabah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi software Analysis Moment of Structure (AMOS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepuasan nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, 2) Religiusitas/keyakinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, 3) Religiusitas/keyakinan berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, 4) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan 5) Kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Collections
- Master of Management [400]