PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA UKM PERAK DI YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh dari peran orientasi pasar, orientasi pembelajaran, inovasi terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah industri kecil dan menengah produk perak pada UKM perak yang ada di Kotagede Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sampel dari penelitian ini adalah pengusaha perak industri kecil dan menengah yang ada di Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 96 pengusaha/industri. Metode analisis data menggunakan Metode Partial Least Square (PLS). Jumlah sampel adalah 96 pengusaha/Industri. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Amat Sangat tidak setuju) sampai dengan 6 (Amat Sangat setuju). Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Inovasi, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Perusahaan
Collections
- Management [4527]