Analisis Pengaruh Kredibilitas Perusahaan dan Kredibilitas Selebritis terhadap Minat Beli Konsumen pada Iklan Oli Top One (Studi Kasus Masyarakat Kota Yogyalcarta)
Abstract
Analisis Pengaruh Kredibilitas Perusahaan dan Kredibilitas
Selebritis terhadap Minat Beli Konsumen
pada Iklan Oli Top One
(Studi Kasus Masyarakat Kota Yogyalcarta)
Pemasaran dalam era globalisasi yang semakin kompleks dan
dinamis menyediakan peluang sekaligus juga tantangan. Begitu pula
tantangan yang dihadapi oleh Perusahaan Oli pelumas yang berjamuran di
Indonesia. Untuk selalu mendapatkan cara-cara terbaik guna merebut atau
mempertahankan pangsa pasar mereka (red. perusahaan) harus
mempertahankan citra perusahaan dan menggunakan iklan yang cukup
memikat.
Bagi sebagian besar perusahaan, iklan menjadi suatu pilihan yang
menarik. Di samping sebagai sumber informasi iklan yang dipandang
sebagai media hiburan dan media komunikasi yang efektif. Melalui iklan,
perusahaan-perusahaan dapat memberi influence (pengaruh),
menginformasikan, membujuk atau mengingatkan konsumen terhadap
produk yang mereka miliki.
Penggunaan selebriti sebagai endorser (pendukung) sebuah produk
dipercaya dapat mendongkrak penjualan produk tersebut. Pasalnya, selain
meningkatkan brand awareness, sang selebriti juga sekaligus mewakili
kepribadian merek yang mereka bawakan dan diharapkan dapat mendekati
target konsumen dengan baik. Kalau sudah demikian, konsumen pada
akhirnya tertarik untuk membeli produk yang diwakili oleh sang public
figure.
Penelitian ini menguji sejauh mana pengaruh kredibilitas perusahaan
dan kredibilitas selebritis terhadap minat beli konsumen pada produk oli
Top One yang menggunakan endorser Moreno Soeprapto. Dalam
menganalisa data yang diperoleh di lapangan, peneliti mengambil sampel
sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus Mason dan lind, 1996,
maka jumlah 96 responden sebagai representasi populasi. Beberapa alat
analisis seperti Analisis Regresi dan Analisis Korelasi (Koefisien
Determinasi), dalam pengolahannya, digunakan program computer seri
statistic SPSS 11.0 for Windows. Penelitian tentang iklan ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas selebriti dan
kredibiltas perusahaan terhadap minat beli konsumen pada produk Oli Top
One serta pengaruh variabel manakah yang paling berpengaruh dalam
mempengaruhi minat beli konsumen.
Hasil penelitian atas pengujian analisis regresi dan korelasi dapat
diketahui bahwa kredibilitas perusahaan dan kredibilitas perusahaan
mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen Oli
Top One.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perusahaan oli pelumas Top
One Indonesia perlu terus mempertahankan dimensi citra perusahaan dan
menjaga kualitas penggunaan bintang iklan dalam mempromosikan
produknya lewat iklan, agar produk ini semakin laku dipasaran.
Collections
- Management [4527]