Pengaruh Gaya Mengemudi Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengemudi terhadap kecelakaan lalu lintas pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh gaya mengemudi terhadap kecelakaan lalu lintas pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua pengukuran, yaitu: Skala MDSI-Spanish version (MDSI-S), dan Pengukuran Kecelakaan Lalu Lintas yang terdiri dari 3 item. Responden dalam penelitian ini adalah 164 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia yang dapat mengendarai sepeda motor dan kesehariannya menggunakan sarana sepeda motor. Jumlah laki-laki 56,7% dan perempuan 43,3% dengan usia antara 17-25 tahun. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda (Multiple Regression) menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya mengemudi terhadap kecelakaan lalu lintas pada mahasiswa (p < 0,05) dan R = 0,757. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2173]