PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING MELALUI PRAKTIKUM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam; (2) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental-Design yaitu Post-test Only With Nonequivalent Group Design. Pengumpulan data diperoleh menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah pengetahuan dalam bentuk soal pilihan ganda, dan teknik non tes digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dalam bentuk lembar angket berdasarkan model skala likert (4 pilihan jawaban). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistika non parametric tipe Mann Whitney Sampels Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,692 (Ho diterima, > 0,05); (2) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan pembelajaran Active Learning melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi Hidrolisis Garam, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Ho ditolak, < 0,05).
Collections
- Chemistry [535]